Studi Praktek Lapangan UNIDA Gontor 2016

Ditulis oleh Administrator pada Jumat, 16 Desember 2016 | Dilihat 616 kali

ALFA SHOOFA Batik Kudus kembali mendapat kunjungan praktek lapangan mahasiswa. Kali ini kami menjadi tempat Studi Praktek Lapangan dari 3 mahasiswa semester 6 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam Gontor . SPL mahasiswa Unida dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 13, 14 dan 15 Desember 2016 yang bertempat di showroom dan workshop ALFA SHOOFA Batik Kudus.

Target diadakannya Studi Praktek Lapangan ini adalah untuk menambah wawasan dan merealisasikan pengetahuan mahasiswa tentang lembaga ekonomi kontemporer di Kabupaten Kudus serta mendapatkan permasalahan yang sesuai dengan teori yang telah dipelajari mahasiswa. Sebagai objek studi Ekonomi Bisnis, para mahasiswa Unida ini mempelajari tentang seluk beluk batik dan proses pembuatannya. Mereka juga membuat batik cap hasil buatan tangan mereka sendiri untuk lebih memahami tahap-tahap pemrosesan batik.

Semoga SPL ini memberi manfaat bagi para mahasiswa dan menginspirasi mereka di ranah ekonomi bisnis.

Berikut testimoni dari mahasiswa SPL di ALFA SHOOFA Batik Kudus :

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum. Ini adalah kali pertama saya mengadakan studi mengenai salah satu warisan budaya Indonesia yaitu batik, dan tujuan studi praktek saya adalah di ALFA SHOOFA Batik Kudus. Banyak hal yang sangat membuat saya terkesan ketika pertama kali berkunjung ke ALFA SHOOFA Batik Kudus, banyak pula corak dan motif batik yang saya lihat disana, mulai dari batik klasik hingga kontemporer. Salah satu yang membuat saya terkesan dan meninggalkan kesan yang baik bagi saya adalah bapak Fatchur Rochman, pemilik ALFA SHOOFA Batik Kudus, dengan ramahnya belliau mengajarkan kepada kami banyak sekali hal yang berhubungan dengan Batik Kudus, mulai dari memberikan kami motivasi dalam berusaha, menceritakan sejarah ALFA SHOOFA Batik Kudus dari awal berdirinya sampai sekarang, memperlihatkan kami proses pembuatan batik, dan proses produktifitas yang sudah jadi, bahkan kami diberi kesempatan untuk mencoba membuat batik sendiri. Terima kasih ALFA SHOOFA Batik Kudus yeng telah memberi kami kesempatan untuk belajar batik Indonesia khususnya Batik Kudus. (Fadly Arif, Mahasiswa UNIDA FEM/EI/Sem.6)

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum. Meskipun hanya beberapa hari saja saya disini (ALFA SHOOFA Batik Kudus), banyak hal yang saya dapatkan terutama di bidang perbisnisan islami sesuai yang diajarkan Rasulullah. Batik Kudus merupakan batik yang memiliki motif berbeda dengan batik pada umumnya, seperti motif Cengkeh, Tembakau, Menara Kudus, dll. yang merupakann ikon Kudus itu sendiri, banyak inovasi baru untuk menarik pelanggan seperti penggabungan beberapa jenis motif. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghilangkan rasa kejenuhan / kebosanan pelanggan Batik Kudus. (Muhammad Yusuf, Mahasiswa UNIDA FEM/EI/Sem.6)

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum. Sebuah kesyukuran yang sangat luar biasa bagi saya khususnya dan bagi kami umumnya, sudah bisa diterima untuk melakukan studi praktek lapangan di tempat ini, banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang kami dapatkan disini, mulai dari etika berbisnis secara qur'ani, berdisiplin, dan bagaimana bekerja dengan baik dan benar. InsyaAllah semua itu menjadikan motivasi bagi kami untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang islami di suatu saat nanti. (Mahasiswa UNIDA FEM/EI/Sem.6)

 
Share this:

Komentar Pengunjung

Jadilah orang pertama yang memberi komentar untuk artikel ini.
Nama *)
Email *)
Lokasi / Website
Isi Komentar *)
Kode unik *) refresh

Workshop & Showroom

Follow Us

Peta Alamat